Minggu, 14 September 2008

PPDI

Massa PPDI, Bakal Diperebutkan
//Pilleg 2009, Tanpa Utusan PPDI
MANNA – Sepertinya, massa pendukung PPDI akan menjadi potensial suara yang bakal diperebutkan banyak Parpol. Pasalnya, pemilihan calon anggota legislatif Bengkulu Selatan periode 2009 – 2014 yang akan berlangsung tahun depan, sepertinya digelar tanpa perwakilan dari Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).
Kemungkinan ini disampaikan Ketua KPU BS Zainan Sagiman, SH. Dijelaskan, tidak adanya representasi Caleg dari PPDI dikarenakan memang tak ada satupun Caleg yang didaftarkan atau diusung partai berlambang banteng tersebut. “Kalau tidak ada yang dicalonkan, bagaimana mungkin bisa menjadi peserta pemilihan legislatif,” tanya Zainan.
Kondisi tersebut, dipastikan akan menjadi peluang atau keuntungan bagi Caleg dari Parpol lain. Mengapa demikian? Zainan menjelaskan, dengan tidak adanya Caleg dari PPDI maka dengan sendirinya massa pendukung akan menjadi sasaran mencari simpatik dari Parpol peserta Pilkada. “Karena tidak ada calon yang diusung, tentu masyarakat simpatisan PPDI Bengkulu Selatan akan memiliki kemudahan maupun keleluasaan dalam menentukan pilihan. Bila ini terjadi, kecil kemungkinan petinggi PPDI BS untuk
mengarahkan massa Parpol untuk mendukung pasangan tertentu akan sulit,” terang Zainan.
Dalam memperebutkan massa PPDI, lanjut Zainan, dimungkinkan akan dipengaruhi sejumlah factor. Diantaranya, hubungan emosional yang dijalin dengan anggota maupun pengurus PPDI. Hubungan kekerabatan termasuk ada tidaknya hubungan kekerabatan. “Ditilik dari kondisi kultur masyarakat, besar kemungkinan kedekatan kekerabatan akan mendominasi,” demikian Zainan.(**)

Tidak ada komentar: